Minggu, 08 Juni 2008

DISKRIPSI PRODUK KERAJINAN UNGGULAN KABUPATEN TEMANGGUNG


Kabupaten Temanggung mempunyai potensi kerajinan yang apabila dikembangkan dapat menjadi komoditi unggulan yang siap bersaing dipasar regional, nasional bahkan luar negeri. Untuk mengetahui jenis produk tersebut maka berikut diperkenalkan beberapa jenis produk kerajinan dalam bentuk diskripsi.

Rilief Tembaga dan Kuningan
Rilief Tembaga dan kuningan merupakan kerajinan (craft) yang bahan bakunya tembaga atau kuningan dalam bentuk lembaran. Produk rilief tembaga dan kuningan ini merupakan karya seni dari Desa Rejosari dan Desa Soropadan Kecamatan Pringsurat. Produk ini sudah dikenal sampai luar daerah, bahkan sampai luar negeri.
Bentuk- bentuk rilief yang diproduksi adalah pemandangan alam, obyek binatang, obyek orang, cerita pewayangan, ayat- ayat suci dan gambar lainnya .Rilief Tembaga dan kuningan ini mempunyai mutu baik karena dikerjakan secara teliti dan didukung dengan desain, proses sampai pada finishing yang memperhatikan nilai seni.

Rajutan
Produk rajutan dari Kabupaten Temanggung cukup baik. Unit usahanya tersebar di beberapa sentra atau desa meliputi Desa Danurejo dan Desa Mojotengah Kecamatan Kedu, Desa Campursari dan Bulu Kecamatan Bulu, Desa Traji Desa Mandisari, Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan, Desa Paponan dan Desa Jeketro Kecamatan Kledung dan desa- desa lainnya.
Produk ini sangat potensial karena prospek pemasarannya cukup luas, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Model rajutan bermacam- macam , yaitu ; topi anak, kaos kaki anak, sarung tangan anak, tas, baju dll. Cara pengerjaan produk ini sangat sederhana dengan mengandalkan ketrampilan tangan dan dikerjakan secara kreatif. Bahan baku yang digunakan untuk memproduksi rajutan adalah benang wool.

Anyaman Mendong
Kerajinan mendong yaitu kerajinan anyaman yang bahan bakunya dari mendong dipadukan dengan bahan pembantu seperti kain dan benang. Jenis produknya bermacam- macam yaitu , tas, tempat koran, tempat pakaian dan tempat sepatu. Bahkan jenis produk ini dapat dianekaragamkan sesuai kebutuhan konsumen. Kerajinan ini apabila diusahakan dengan tekun kemungkinan dapat berkembang karena mempunyai pangsa pasar yang cukup luas.
Lokasi kegiatan produksi ada di Desa Caruban Kecamatan Kandangan. Daerah pemasarannya meliputi Temanggung, Magelang , Semarang, Yogyakarta dan Jawa Barat, bahkan sampai luar Jawa.


Pakaian Kesenian
Pakaian Kesenian dari Temanggung cukup baik. Ini ditandai dengan produk yang dihasilkan sesuai dengan corak dan motif yang disyaratkan , yaitu bernilai seni dan kreatif . Cara pembuatannya sederhana, sebagian besar menggunakan tangan dan dikerjakan oleh tenaga kerja yang trampil. Jenis pakaian kesenian yang dihasilkan yaitu, pakaian Kuda Lumping, Soreng, Kubro Siswo, Ketoprak, Wayang Orang dan Campursari.
Kerberadaan kerajinan pakaian kesenian ini cukup potensial karena disamping menyerap tenaga kerja banyak , tetapi juga dapat melestarikan kesenian tradisional yang sekarang sedang berkembang.
Perajin pakaian kesenian adalah Sutrisno Haris “Srimpi“ alamat Desa Karangtejo, Kecamatan Jumo. Daerah pemasaran cukup luas meliputi Temanggung, Semarang, Wonosobo, Magelang , Kendal dan luar Jawa.

Gerabah Tanah
Kabupaten Temanggung sejak dahulu terkenal dengan produk gerabah tanahnya. Deposit tanah liat sebagai bahan baku utama cukup tersedia di daerah setempat dan sekitarnya. Sentra penghasil gerabah tanah yaitu ada di Desa Tegowanuh Kecamatan Kaloran dan Desa Kundisari Kecamatan Kedu. Jenis gerabah tanah yang dihasilkan yaitu pot bunga, kwali, tungku , blengker dan bentuk mainan seperti kodok dan binatang. Bahkan sekarang berkembang jenis produk yang lebih kreatif seperti guci dan meja kursi dari tanah liat ( mebel tanah ).
Ketrampilan yang diterapkan sangat sederhana yaitu dengan menggunakan alat yang dinamakan putaran, yang fungsinya untuk alat produksi dengan cara diputar ketika jenis produk dibentuk. Ketrampilan membuat gerabah ini diperoleh berdasarkan pengalaman yang diwariskan secara turun- temurun.
Daerah pemasaran sebagian besar lokal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan hiasan. Kedepan apabila usaha ini dapat dianekaragamkan menjadi gerabah tanah berglasir atau teknologi keramik, produknya akan bermutu lebih baik dan dapat bersaing ditingkat regional dan nasional.


Kerajinan Kayu
Jenis kerajinan kayu yang diproduksi yaitu bentuk guci, patung, binatang , tempat buah, mobil, kapal, kap lampu dll. Jenis produk ini sangat populer untuk melengkapi keindahan ruangan. Kebutuhan akan produk ini bersifat sekunder, namun demikian kebutuhannya tidak dapat diganti dengan kerajinan lain karena mempunyai nilai seni tersendiri. Lokasi kegiatan produksi ada di Desa Pagergunung dan Gowak Kecamatan Pringsurat dan Kelurahan Mungseng Kecamatan Temanggung.
Cara produksinya sederhana yaitu dengan membentuk obyek pada bahan kemudian difinishing dengan ketrampilan seni kerajinan yang memadai. Jenis bahan utama yang digunakan adalah kayu keras dan kayu albasia. Daerah pemasarannya meliputi Yogyakarta, Magelang, Semaramg dan Jawa Barat.

Kerajinan Bambu
Kerajinan bambu atau bamboo craft, merupakan produk kerajinan yang dibuat dengan bahan baku utama bambu. Jenis kerajinan bambu yang diproduksi yaitu, bentuk kapal, rumah adat, kap lampu dan barang sauvenir lainnya. Pangsa pasar kerajinan bambu ini cukup baik yaitu di tempat obyek wisata dan masyarakat penggemar seni. Perajin kerajinan bambu yaitu Hernawan “Pring Aji”, yang beralamat di Jl. MT Haryono, Temanggung

Anyaman Pelepah Pisang
Salah satu komoditi unggulan Kabupaten Temanggung adalah Anyaman Pelepah Pisang. Produk ini telah mempunyai pasar ekspor melalui perantara ( pedagang ), yaitu ke negara Eropa. Kapasitas produksinya cukup besar dan dapat memenuhi pesanan tepat mutu dan tepat waktu. Produk anyaman pelepah pisang dibuat belum jadi ( sekitar 80 % ) , sedangkan finishing- nya diselesaikan oleh pihak buyer.
Sentra produksi ada di desa- desa wilayah Kecamatan Kedu, Bulu, Ngadirejo, Bansari, Kandangan dan Jumo. Sedangkan pusat terbesar ada di Desa Mojotengah dan Desa Mergowati Kecamatan Kedu. Keberadaan sentra anyaman pelepah pisang ini mempunyai dampak positif, yaitu dapat menyerap tenaga kerja banyak.Bentuk anyaman pelepah pisang menyerupai wadah untuk keperluan rumah tangga atau tempat barang.


Dwi Putro
Dinas Perindag Kab. Temanggung

1 komentar:

Try Esatwo mengatakan...

saya adalah pengraji miniatur gitar,Drum dan kapal laut tapi sekarang saya punya kendala untuk emasarkan produk saya ke luar kot ada solusi tidak email saya try_eastwo@yahoo.com atau 0813 11 032 032